Is He Playboy?


Oleh: Nisa’ Maulan Shofa


A
h semakin ilfeel gue ama dia. Oke, gue akuin dia emang ganteng. Tapi hatinya tak sebagus rupanya. Hatinya busuk!
Udah berapa ribu cewek ya yang menjadi korban cintanya? Nggak kebayang deh perasaan mereka gimana setelah tahu kalau mereka itu dimainin ama cowok brengsek kayak dia. Gue kasihan ama mereka. Jangan sampai gue di posisi mereka. Idih, amit-amit deh!
Dia terkenal dengan cowok perfect di sekolah ini. Tapi sayang, mereka nggak tahu belang cowok munafik itu. Dan kenapa hanya gue yang tahu belang cowok itu? Kenapa hanya gue yang nggak suka ama dia?
Nanti dulu, kalau gue pikir-pikir, dia emang ganteng, kaya, dan pinter. Pinter mainin cewek dan pinter ngebohong maksudnya. Tapi gue lebih pinter dari dia. Karena gue tahu semua akal busuknya terhadap cewek-cewek yang dia pacarin.
Ah, gue benci ama dia! Dan malangnya lagi, gue satu kelas ama dia. Buset dah, gue eneg lihat dia terus.
“Hai ….” Tiba-tiba Tina muncul sambil menggandeng tangan Martin. Cowok yang gue bilang tadi. Ah apa lagi sekarang? Dia menggaet si Tina? Sahabat tercinta gue? Jangan sampai Tina kena perangkap playboy sialan itu. Jangan sampai itu terjadi.
“Tahu nggak? Kami udah jadian loh,” ujar Tina dengan bangganya ke gue.
“Sejak kapan?” tanya gue dengan santai.
“Kemarin,” senyum Tina mengembang dan tetap menggandeng lengan Martin.
“Oh gitu. Oke deh, congrate ya,” aku beranjak dari kursi dan melangkah meninggalkan mereka. Biarin, ntar gue urus. Jangan sekarang. Ntar dikira gue cemburu lagi kalau tanya-tanya lebih jauh lagi. Karena kau tahu? Akhir-akhir ini ada gossip kalau si Martin suka ama gue.
**
A
h hari ini membosankan. Udah tadi nggak jadi ulangan lagi. Padahal semalam suntuk gue udah belajar buat ulangan geografi hari ini. Tapi apa? Malah gurunya absent lagi. Capek deh gue!
Gue sedang duduk di pojok belakang saat ini. Ini memang kebisaan gue kalau lagi pusing. Nggak tahu deh kenapa. Yang pasti jangan sampai di pojok sini ada penunggunya. Namun kalaupun ada pasti udah bersahabat ama gue, karena ini tempat favorit gue. Si Anto, penguasa bangku ini juga sering ngomel-ngomell karena gue sering ngusir dia dari bangkunya ini kalau gue lagi pusing.
Pusing banget gue mikirin si Tina yang jadian ama si kunyuk Martin itu. Gue harus mikirin gimana caranya agar gue bisa ngasih pelajaran ama si Martin dan supaya dia nggak matahin hati sahabat gue. Sekaligus agar si Tina segera mutusin si Martin dan sadar bahwa si Martin itu Playboy. tapi gimana ya?
“Kenapa lagi lo Sya?” Tina tiba-tiba duduk di samping gue.
“Lagi mikir ni gue,”
“Sok banget gaya lo mikir. Kayak anggota dewan aja,”
“Ini juga buat kebaikan lo Tin,”
“Jangan bilang tentang Martin lagi,”
“Betul itu.”
“Gue bingung ama Lo Sya. Katanya benci tapi merhatiin si Martin terus,”
“Bukan merhatiin Tina. Gue nggak mau aja lo kena perangkapnya si playboy itu,”
“Lo yakin dia playboy?”
Seperti yang gue bilang, yang tahu kalau si Martin playboy itu gue doang. Nggak tahu tuh cewek-cewek pada buta kali ya. Masak jelas-jelas gitu mereka nggak percaya ama omongan gue. Namun, ada satu cewek yang menganggap si Martin itu playboy kayak gue. Si Pipit, mantannya si Martin. Tapi nyebelinnya dia benci ama gue. Nggak tahu kenapa. Padahal sebelum dia pacaran ama si kunyuk Martin itu dia deket ama gue. Tapi pasca putus dia malah ngejauhin gue.
“Kenapa sih semua orang nggak percaya ama gue? Orang jelas-jelas gitu kok,” gue jadi sewot.
“Ya itu kan karena….” Ucapan Tina menggantung karena tiba-tiba si Martin nongol dan duduk di samping Tina namun beda meja.
“Tin,” ujarnya ke Tina.
“Sorry Ar,” jawab Tina dengan raut muka bersalah.
Perlu diketahui, sehari-hari si Martin memang di panggil dengan nama penggalannya si Ar. Nggak tahu deh kenapa. Padahal kalau boleh jujur nama penggalan itu nggak enak di dengarnya.
“Oke deh. Tapi awas ya kalau keceplosan.” Ujar si Martin dengan raut muka sedikit lega. Sebenarnya ada apa sih? ”Gue ke kantin dulu. Mau nitip apa?’ ujar si Martin kemudian.
“Nggak deh. Mungkin Asya mau titip sesuatu?” si Tina memandang gue.
“Mau apa Sya?” ujar si Martin lembut. Nih cowok gimana sih? Samping gue tuh pacarnya, tapi kenapa kayak gini ke gue? Aduh, kayaknya udah akut nih sifat playboynya.
“Nggak deh makasih,” ujarku kesal lalu berdiri dan berlalu keluar.
“Kok malah pergi sih?” si Tina kayaknya bingung melihat reaksi gue.
**
G
ue sedang di taman sekolah saat ini. Bingung mau nyepi dimana. Yang nggak ada orang dan nggak ada si Martin jelek itu. Eh disini malah rame ya. Tapi lumayanlah nggak ada si Martin itu.
“Sya,” namun tiba-tiba si Martin menghampiri gue yang lagi duduk di kursi dekat kolam ikan. Kenapa dia tahu gue disini sih?
“Ngapain lo kesini?” tanya gue sebel.
“Kenapa sih lo benci banget ama gue?” tanyanya lesu. Kenapa ni anak?
“Kayaknya lo bisa jawab sendiri deh,” jawab gue cuek.
“Kapan lo bisa baik ke gue?”
“Lebaran monyet.” gue masih cuek.
“Sya gue serius. Kenapa lo benci banget ama gue?”
 “Nggak tahu ya, itu udah takdir mungkin,” gue tambah cuek.
“Apa yang bisa buat lo nggak benci lagi ama gue?” tanya si Martin dengan serius.
Gue memandang Martin. Hey? Kenapa dia? Kok kayak gini? Nggak pernah gue lihat dia seserius ini. Kesambet setan mana ya?
“Kenapa sih lo?” gue mulai iba melihatnya.
“Kenapa apanya?” tanyanya bingung.
“Nggak, nggak apa-apa.” Gue mengurungkan niat gue untuk bertanya kenapa dia kayak gini. Ntar dikira gue care lagi ama dia.
“Gue balik ke kelas dulu,” gue melangkah meninggalkan Martin.
**
G
ue masih bingung gimana caranya si Tina percaya ama gue kalau si Martin itu bener-bener playboy. Karena ternyata susah membuat orang percaya ama kita. Coba aja gue bisa mergokin Martin lagi bareng ama cewek. Pasti si Tina langsung percaya ama gue.
Jalan-jalan di mall sendirian itu membosankan. Tina sih gue ajak beli buku nggak mau. Padahal gue udah ngincer satu buku yang menarik. Tapi jadi batal karena Tina nggak mau gue ajak ke toko buku.
Tapi ngomong-ngomong mau beli apa ya gue kesini? Udah sendirian, kayak orang ilang aja. Pulang aja deh.
Gue berjalan menuju tempat parkir untuk mengambil sepeda motor gue. Bête juga berjalan kayak gini sendirian. Nggak ada yang bisa diajak ngobrol.
Saat gue sedang mengambil motor gue dari larikan motor-motor yang ada, tiba-tiba mata gue menangkap sosok Martin sedang menggandeng cewek keluar dari mobilnya. Sama siapa dia? Hey, itukan cewek yang dulu merusak hubungan Martin dengan Pipit. Mereka masih pacaran? Langgeng juga ya. Atau jangan-jangan cewek itu belum tahu kalau si Martin itu Playboy dan punya cewek dimana-mana?
“Ini kesempatan besar gue ni untuk buktiin ke Tina kalau si Martin itu emang cowok playboy,” bisik gue dalam hati.
Gue segera mengambi HP gue di tas. Gue berinisiatif untuk memotret adegan ini dan akan gue kasih ke Tina supaya dia percaya ke gue. Dan sekalian aja gue pampang di mading biar semua cewek percaya kalau si Martin itu bener-bener cowok playboy.
“Nah loh? Kok HP gue mati? Aduh, jangan bilang HP gue lowbatt.” Gerutu gue saat mencoba menyalakan HP.
Gue mencoba menyalakan HP lagi. Tapi nggak bisa. Ah bener-bener lowbatt nih. Gagal deh rencana gue.
Gue hanya bisa meratapi nasib buruk gue ini. Gagal deh buat Tina percaya ke gue. Ih, kenapa sih si Martin beruntung gini. Sebel!
**
“T
in gue punya kabar baru,” gue mencoba menjelaskan ke Tina tentang apa yang gue lihat kemarin di parkiran Mall.
“Apa Sya?” jawab Tina tenang.
“Si Martin kemarin jalan ama cewek di Mall. Udah itu mesra banget lagi,” ujar gue antusias.
“Terus apa hubungannya dengan gue?” tanyanya kalem.
“Loh? Lo kan pacarnya.” Gue kebingungan sendiri.
“Kemarin. Sekarang nggak.”
“Hah? Kok bisa? Cuma sehari?” gue nggak percaya.
“Yups!”
“Kenapa? Oh gue tahu, pasti lo tahu kalau dia selingkuh lalu lo mutusin dia kan? Bagus deh kalau gitu,” ujar gue lega.
“Kata siapa? Nggak tuh. Dia tuh setia. Nggak pernah selingkuh,” ujar Tina sangat yakin.
“Ah kata siapa lo? Orang gue….” Ucapan gue menggantung karena tiba-tiba si Martin datang menghampiri kami berdua.
“Eh Ar, udah berangkat lo?” tanya Tina dengan sumringah.
Loh? Jadi bener mereka putus bukan karena si Tina tahu kalau Martin itu selingkuh? Buktinya mereka masih biasa aja gitu.
“Iya Tin. Gue mau bicara ama Asya.” Ujar Martin dan membuatku shock. Mau apa dia biacar dengan gue?
“Oh silahkan. Gue nggak akan ganggu. Cabut dulu ya,” Tina melangkah pergi meninggalkan gue dan Martin. Gue bingung dengan ini semua.
“Thanks Tin.” Martin terlihat sumringah lalu duduk di sebelah gue.
Gue hanya kebingungan sendiri melihatnya. Sebenarnya ada apa sih?
“Sya,” ujar Martin dengan nada ragu.
“Apa?” jawab gue kesal.
“Gue mau bahas yang kemarin di taman belakang,”
“Bahas apa lagi?” jawab gue malas.
“Kenapa lo benci banget ama gue?”
“Lo masih tanya kenapa? Gue kira lo pinter. Dan bisa jawab pertanyaan lo tadi,”
“Gue emang nyebelin Sya. Tapi apa nggak pantes gue dapat pikiran baik dari lo? Kenapa lo selalu berpikir buruk ke gue terus? Kenapa sekarang lo berubah? Gue punya salah ama lo?”
“Berubah? Siapa yang berubah? Yang berubah itu lo! Bukan gue!”
“Makanya lo bilang apa yang berubah dari gue sampai lo benci banget ke gue? Padahal dulu waktu kita kelas satu kan lo nggak kayak gini ke gue. Lo baik ke gue. Tapi kenapa sekarang lo kayak gini ke gue? Apa salah gue Sya? Kenapa sekarang lo kayak gini?” ujar Martin panjang dan lebar.
Kenapa? Kenapa dia mengungkit masa lalu? Padahal gue udah ngelupain masa lalu itu. Kenapa dia mengingatkan itu lagi ke gue?
**
D
ulu, gue dan Martin satu kelas pas kelas satu. Dulu dia nggak seperti sekarang. Dia baik, care ke gue. Dia nggak playboy seperti sekarang. Dan dulu gue sempet jatuh cinta ama dia.
Sampai saat akan ulangan semester genap gue dengar berita kalau dia jadian ama Pipit. Teman satu bangku gue. Gue emang tahu kalau si Pipit itu emang suka ama Martin. Dan itu alasan kenapa gue hanya menyimpan rasa sukaku ke Martin di dalam hati. Gue takut Pipit ngejauhin gue karena dia tahu kalau gue juga suka ama Martin.
Saat gue tahu kalau kabar Martin dan Pipit jadian itu benar hati gue hancur banget. Tapi lama-lama sakit hati gue itu mulai hilang. Tapi, gue nggak bisa memungkiri kalau gue masih mencintai Martin.
Dan lama-lama gue bisa menerima takdir Tuhan bahwa Martin emang bukan buat gue. Tapi untuk Pipit. Gue ikut senang kedua temen gue itu bahagia.
Tapi, saat pulang sekolah -waktu itu sekolah udah sepi banget karena gue ada urusan dengan wali kelas gue jadi pulangnya telat- gue melihat si Martin yang dijemput oleh cewek cantik –yang gue lihat di parkiran mall kemarin juga-. Mereka terlihat sangat mesra. Sebenarnya gue hendak menghampiri mereka tapi gue urungkan karena gue lihat mereka sangat akrab gue takut gue salah bertindak. Mungkin cewek itu saudaranya. Gue berpikir seperti itu waktu itu.
Dan keesokan harinya, gue lihat si pipit nangis di bangkunya. Gue menghampiri dia. Dia bilang dia di kecewain oleh Martin. Gue berpikir berarti cewek kemarin yang gue lihat pas pulang sekolah itu selingkuhannya si Martin bukan saudara dia. Namun, Pipit tidak hanya ngomong gitu doang, dia juga ngomong kalau dia kecewa dengan gue. Loh? Gue nggak tahu apa-apa kok dia kecewa ke gue. Gue salah apa?
Dan mulai saat itu si Pipit ngejauhin gue. Gue nggak tahu salah gue apa tapi dia ngejauhin gue gitu. Aneh!
Dan mulai saat itu juga, gue juga menganggap si Martin playboy. Dan gue benci ama dia. Namun, rasa suka gue ke dia nggak hilang.
Kelas duanya gue nggak sekelas ama dia. Syukur deh. Tapi tetap aja gue masih suka ama dia. Namun, saat itu gue deket ama Tio –temen sekelas gue-. Dia nembak gue waktu itu. dan gue terima. Gue mau ngelupain si Martin dan ngedelete dia dari hati gue. Dan itu berhasil.
Namun, kisah gue dengan Tio tidak lama. Hanya tiga bulan. Dia mutusin gue dengan alasan karena gue masih memperhatikan si Martin. gue memang cerita ke dia kalau gue pernah suka dengan Martin. dan waktu itu gue juga selalu memata-matai Martin dengan cewek-ceweknya itu. namun, suwer gue udah nggak suka ama dia.
Waktu Tio mutusin gue karena hal itu gue tambah benci ama Martin. karena waktu itu gue udah mulai sayang ama si Tio. Tapi apa yang terjadi? Tio mutusin gue karena si Martin. urgh! Gue benci banget ama dia. Benci banget!
Dan sampai saat ini gue masih menyimpan rasa sayang gue untuk Tio. Walaupun gue tahu Tio udah punya pacar dan sepertinya dia udah nggak suka lagi am ague. Namun, gue masih nunggu dia. Walaupun entah sampai kapan. Selamanya mungkin? Seperti rasa benci gue ama Martin.
**
“K
enapa lo bengong? Jawab Sya,” tiba-tiba si Martin membuyarkan lamunan gue.
“Nggak ada yang perlu dijelasin. Seharusnya lo tahu sendiri kenapa gue benci ama lo,” gue berdiri dari kursi gue lalu melangkah keluar.
Saat gue baru tiba diambang pintu gue melihat si Tina sedang berada dibalik pintu itu. Jiah! Dia nguping ternyata. Dasar!
Gue menghiraukan si Tina yang cengar-cengir karena ketahuan nguping pembicaraan gue dan Martin. Gue tetap melangkah pergi. Dan nggak tahu mau kemana.
Saat gue melewati perpus gue melihat si Tio dengan rombongan ganknya. Gue tersenyum ke dia. Dan dia juga membalas senyum gue. Uh, seneng banget.
**
G
ue sedang belajar geografi karena katanya besok ada ulangan geografi yang kemarin tertunda. Namun, tiba-tiba HP gue bordering pendek tanda ada sms masuk. Ah, siapa sih? Ganggu aja.
Gue mengambil HP yang kutaruh di kasur dengan malas. Gue membuka sms yang baru masuk tadi. Dan betapa terkejutnya gue karena ternyata yang sms itu Tio.
“HayJ.” Dan Cuma itu doang smsnya? Tapi tidak apa-apalah. Ini sms pertama dia ke gue loh setelah gue ama dia putus dulu.
“Hay jugaJ.”
“Gmn skrg Sya? Smbong y s5 aq?”
“Kok aq yg smbong? Km tuh yg smbong,”
“HeheJ.”
“Ktw lg,”
“Y gpp dong. Emg gx blh?”
“Y gx g2 jg,”
“Oy gmn skrg dg Martin?” kenapa dia membahas Martin sih?
“Knp ty g2? Aq gx mw ngmongin dia!”
“Knp? Bknny km sk a5 dia?” ih, maksudnya apa sih si Tio sms gue gini? Bikin sebel aja.
“Kt cpa? Gx tuh!”
“Msa?”
“Iy! Udh deh, gx ush bhs dial g. xl msh bhs dia lg aq mls bls sms km jdinyaL.”
“Jgn gtu dong Sya. Mv dehJ.”
“Mkanya jgn ngmongin si kunyuk itu lg,”
“Hah? Kunyuk? Panggln bru y?”
“Dah lma!”
“Msh mrh y?”
“Y.”
“Mv dong sya,”
“Sebel aq ama kmu,”
“Aq mnt mv jwbnya kok gtu.”
“Iy iy aq mvin,”
“Oke dehJ. Km msh kyak dlu lohJ.”
“Apanya mxudnya?”
“Crwetnya, heheJ.”
“Ih nyblinL.”
“Pis! Eh, gx bljr? Bsok d.clsmu ad ulgn kan?”
“Kok th?”
“Aq kan mta-mtain kmuJ.”
“Msa? Gx mrh tuh pcrnya? Ntar mnta ptus lg pcrnya,”
“Cpa pcrnya?”
“Itu cwek mnis yg s.cls ama kmu,”
“Ah itu ursn gmpg. Xl mnt ptus y ptus aj. Kyak kmu dlu kan? Aq mnt ptus krn kmu mta-mtain si Martin trus y kmu trma aj,”
“Itu krn kmu slh phm tauk! Aq gx ska ama dia lg kok,”
“Msa? Ktanya dia naksir brt ama kmu loh,”
“Udh deh Ti jgn bhas dia lgi!”
Eh, wait. Apa tadi yang gue kirim? Kok gue manggi dia TI sih? Aduh, udah terkirim lagi. Gimana nih?
Perlu di ketahui, Ti adalah panggilan sayang gue untuk Tio. Berarti kalau gue tadi manggil dia gitu dia tahu dong kalau gue masih sayang ama dia? Aduh, gengsi banget nih. Tapi biarin deh. Biar dia tahu.
“Msh manggil aq Ti y? oke deh say,J.”
“Mv tdi krg ngetiknya. Krang O. Ntar xl aq manggil km gtu aq d.kryok ama pcr kmu lgL.”
“Gpp xl km d.kryok ama dia.”
“Idih, jhat bgt sih?”
“Kan ntar aq yg blain kmu sayJ.”
“Jgn gtu dong. Aq jd melyng nihJ. Gx ah. Ntar aq d.blg prsak hubngan org lgL.”
“Cpa yg blg? Blum prnh ngrsain tnjokan aq mgkin yg blg,”
“Ah Tio.”
“Iy iy mv. Aq msh igt kok. Km gx ska ama kkrsn kan?”
“Msh igt? J.”
“Y pst dong. Eh bljr gih sna. Ntar bsok gx siap loh xl gx bljr. Sna cpet bljr. Aq doain deh bsok km dpt nlai 100.”
“TQ. Tp doain jg biar gx jd ulgn lg,heheJ.”
Dan itu sms terakhir Tio malam ini. Karena setelah gue balles sms dia. Dia nggak bales sms gue lagi. Bagus deh, gue kan mau belajar. Tapi gue seneng banget dia ternyata masih ingat gue dan masih ingat tentang gue. Dan dia tadi manggil gue say? Ah, ini bukan mimpi kan?
**
B
ener. Hari ini bener ulangan. Gue kira ditunda lagi. Orang tadi gurunya nggak datang-datang. Baru masuk pas jam kedua. Dan soalnya susah-susah. Gila dapat berapa ntar gue. Jangan sampai ikut remidial deh.
Gue sedang duduk di depan kelas sekarang. Di lantai. Biarin deh nih rok gue kotor. Yang nyuci gue sendiri juga. Lagian nggak ada yang nemenin kalau di kelas. Si Tina lagi bareng ama Martin lagi. Nggak deh kalau di suruh gabung bareng mereka.
“Nglamun kenapa?” tiba-tiba ada seseorang yang duduk di samping gue. Dan itu Tio.
“Nggak apa-apa,” jawab gue sambil senyum.
“Senyum kamu itu dari dulu bikin aku kelepek-kelepek loh Sya,” ujar Tio yang sepertinya dengan seribu persen ketulusan. Ah bikin gue melayang aja sih.
“Ih masih ngegombal ya ama cewek lain padahal udah punya pacar,”
“Nggak apa-apa lagi. Orang ceweknya kamu kok,”
“Ih Tio. Ntar kalau pacar kamu yang manisnya kayak gula jawa itu tahu gimana? Aku ntar yang jadi korban,” ujarku sambil cemberut.
Jangan bingung ya kalau gue manggil ceweknya Tio itu cewek manis. Karena dia terkenal sebagai cewek termanis se kelas dua belas. Gue kalah ama dia. Makanya si Tio kepincut ama cewek itu. Namun tunggu, dia galak banget. Jangan tanya kenapa gue bilang dia galak. Karena gue juga nggak tahu dia galaknya kayak apa. Gue hanya denger dari temen-temen doang.
“Korban apa? Korban tsunami?”
“Aku nggak bercanda Tio. Sebel deh,” gue cemberut.
“Iya iya. Dari dulu masih aja hobinya ngambek.”
“Nggak apa-apa dong. Ngambek juga boleh,”
“Ya pastinya boleh. Dan Cuma kamu yang boleh. Oh iya, tadi gimana ulangannya?”
“Nggak gimana-gimana. Susah banget,”
“Masa? Tapi semoga doaku yang semalem terkabul ya.”
“Amin pak ustad.”
“Oke deh bu ustadzah,”
“Kok bu ustadzah? Aku nggak ada cita-cita buat jadi ustadzah loh,”
“Tahu tahu. Tapi kan punya cita-cita buat jadi istri Pak Ustad kan?” ujar  Tio sambil sambil menepuk dadanya.
“Tuh kan. Aku nggak mau masuk rumah sakit gara-gara kamu ngrayu aku gini dan cewek kamu gebukin aku,”
“Nggak apa-apa kamu masuk rumah sakit. Ntar yang ngerawat aku. Pak dokter cinta, hehe.”
“Udah deh Tio….”
Ucapanku menggantung karena tiba-tiba si Martin menghampiri kami. Huh, ganggu aja. Mau apa sih? Tambah satu level deh rasa sebel gue ke dia.
“Sya, gue mau ngomong ama lo,” ujarnya dengan nada memohon. Ah walaupun dia berlutut mau ngomong dengan gue, gue nggak mau ngobrol ama dia. Apalagi Cuma berdua. Nggak deh. Maaf kalau kesannya egois dan sombong, tapi sumpeh gue sebel banget ama dia. Rasa sebel gue udah akut ini.
“Tadi juga udah ngomong kan?” jawab gue dengan cuek.
“Sya, balik ke kelas dulu ya,” ujar Tio ke gue. Loh? Kok udah balik sih? Ah, ini pasti gara-gara si kunyuk Martin ini.
“Oh iya. Gue juga mau ke toilet. Bye,” ujar gue dan cepet-cepet lari ke toilet –padahal sebenernya gue nggak kebelet- buat menghindar dari Martin.
Tapi gue merasa ada yang ngikutin gue ke toilet. Aduh, jangan-jangan si Martin nih. Udah toilet cewek dan cowok bersebellahan lagi. Ah, please deh. Not Martin, please.
Gue mencoba menengok ke belakang untuk mengetahui siapa yang ngikutin gue. Aduh, kenapa deg-degan gini. Mungkin gue takut kalau-kalau bener Martin yang ngikutin gue ntar dia marah ke gue karena tadi gue nyukein dia. Eh tapi biasa gue nyuekin dia kali.
“Kenapa tadi si Martin kamu cuekin? Karena ada aku ya?” dan gue lega. Ternyata Tio yang kesini. Lega lega lega.
“Kenapa kamu berfikit seperti itu?”
“Ya tahu sendiri kan alasannya. Jangan disini ya ngobrolnya. Situ aja,”
Gue dan Tio berjalan menuju ke sebuah bangku di dekat toilet, tapi agak jauh. Biar nggak nyium aroma khas toilet, hehe.
“Kamu masih berfikir aku masih suka ama dia?” ujar gue kemudian.
“Aku nggak tahu kamu suka atau nggak ama dia.”
“Nggak tahu atau nggak mau tahu?”
“Bukannya nggak mau tahu. Tapi aku nggak mau cari gara-gara aja. Asal kamu tahu. Disini banyak yang dukung kalau kamu jadian ama dia sya,”
“Hah? Yang bener? Kata siapa kamu?” gue nggak percaya. Gue kira itu Cuma gossip-gosip nggak penting. Ternyata itu beneran.  Tapi untuk apa mereka dukung kalau gue lebih baik jadian ama si playboy itu? Mereka sentiment ke gue ya? Supaya gue patah hati gitu? Oh, tengkiyu deh nggak usah.
“Banyak yang bilang kalian cocok. Dari dulu sampai sekarang. Makanya aku nggak mau cari ribut disini,”
“Tapi kenapa? Apa urusan mereka dengan kehidupan aku? Aku berhak dong jadian ama cowok yang aku cinta. Dan itu bukan Martin,”
“Katanya dia itu udah lama suka ama kamu. Dari kelas satu,”
Nah lho? Kelas satu? Alah ngarang banget. Nggak mungkin! Orang dulu aja dia gitu ke gue. Dan dulu dia kan jadian ama Pipit. Jadi nggak mungkin. Alright?
“Nggak mungkin Yo. Udah ah, aku nggak mau ngomongin dia lagi.”
“Bener?”
“Udah deh Yo. Jangan bikin aku BT. Udahlah, aku mau ke kelas aja. Dari semalem temanya Martiiiin mulu. Bosen tauk,” gue berdiri dari duduk gue dan hendak pergi ke kelas. Namun, tiba-tiba tangan Tio menggamit lengan gue.
“Gitu aja ngambek. Duduk dulu deh. Oke, aku janji nggak bahas Martin lagi. Duduk ya, masih istirahat juga Sya.” Dan gue akhirnya nurut dan duduk kembali.
“Awas kalo bahas si kunyuk itu lagi.”
“Emang mau apa?”
“Tuh kan. Nyebelin banget sih.”
“Iya iya janjiku untuk Asya seorang deh, hehe.”
“Mulai lagi. Pokoknya aku nggak mau masuk RS ya Yo.”
“Aku kan udah bilang. Kalo kamu masuk RS ntar aku yang ngerawat. Mau? Pasti mau dong. Di rawat ama mantan tersayang kok,”
“Pede!”
Obrolan gue dan Tio terhenti karena tiba-tiba bell masuk berbunyi. Aduh, bunyi disaat yang nggak tepat nih. Tapi biarin deh.
**
S
ejak malam itu gue jadi deket lagi dengan Tio. Dan gue pikir gue tambah sayang ama dia. Tapi gue nggak mau cari gara-gara dengan pacarnya. Gue nggak mau hubungan mereka rusak gara-gara gue. Tapi kalau sekedar deket doang nggak apa-apa kan?
Gue hendak masuk ke kelas –dari kantin- saat tiba-tiba gue mendengar seseorang sedang menyebut nama gue. Gue urungkan niat untuk masuk ke kelas dan hanya berdiri di balik pintu. Gue mengintik ke dalam. Ternyata di dalam hanya ada Tina dan Martin dan mereka sedang ngomongin gue.
Gue semakin memperjelas pendengaran gue supaya gue lebih denger apa yang mereka bicarain. Apa sangkut pautnya dengan gue? Kenapa tadi pake nyebut-nyebut nama gue segala?
“Martin, gue saranin ke lo. Cepetan lo omongin ke Asya sekarang.” Sepertinya itu suara Tina. (yaiyalah)
“Tapi gue nggak berani Tin,”
“Lo itu cowok Martin. Masak ngomong gitu doang nggak berani.”
“Oke gue cowok. Tapi dia selalu menghindar dari gue. Gimana gue mau ngomong kalo dia di ajak bicara aja cuek banget,”
“Tapi lo harus bertindak cepat. Lo tahu? Dia sekarang udah deket lagi ama si Tio.”
Loh loh? Ngapain bawa-bawa si Tio segala? Ada apa sebenarnya?
“Tapi gimana caranya?”
“Lo pikirin dong sendiri. Katanya lo cinta mati ama dia, seharusnya lo punya seribu ide brilian untuk meluluhkan hatinya,”
“Iya. Tapi apa? Bantu gue dong,”
“Bantu bantu! Gue kan udah bantu lo kemarin. Gue bela-belain buat mendeklamasikan kalo gue itu beneran jadian ama lo! Sampai-sampai pacar gue tahu dan gue ama dia berantem. Puas!”
Hah? Apa? Gila! Jadi mereka hanya pura-pura jadian doang? Buat bikin gue cemburu? Idih, nggak bermutu banget deh si Tina. Sekongkol ama Martin buat bikin gue cemburu. Nyebelin!
“Hehe, peace. Habisnya gue bingung Tin. Dan gue bingung kenapa dia benci gitu ke gue,”
“Dia mengira lo itu playboy,”
“Kok bisa?”
“Iyalah. Lo tahu? Saat hari gue ngomong ke dia kalau gue itu jadian ama lo, sorenya si Asya ngeliat lo lagi jalan ama cewek. Dan katanya mesra banget,”
“Hah? Yang bener? Aduh, itu kan adik gue Tin. Pantes aja gitu,”
“Oya, dan dulu juga dia pernah lihat lo lagi bareng ama cewek saat pulang sekolah. Dan saat itu lo juga masih jadi pacarnya Pipit,”
“Hey itu juga adik gue. Aduh, pantes kalau dia ngira gue playboy. tapi itu kan nggak bener.”
“Makanya lo jelasin dan bilang kalau lo itu cinta ama dia. Dan itu tulus,”
“Oke. Tapi gue bingung. Gue harus ngapain? Dari dulu kayaknya Asya nggak punya perasaan ama gue. Dulu aja waktu kelas satu gue kira dia juga suka ama  gue, tapi ternyata nggak.”
“Dari mana lo tahu dia nggak suka ama lo?”
“Karena dulu, saat gue pura-pura jadian ama Pipit. Yah, sebenarnya si Pipit nggak tahu sih awalnya kalau gue nembak dia Cuma buat, yah supaya Asya cemburu melihat gue ama Pipit. Tapi, itu semua gatot. Asya ternyata nggak cemburu sama sekali. Malah dia biasa aja melihatnya. Dan sampai akhirnya Pipit tahu kalau gue Cuma buat dia sebagai pelarian gue semata dari Asya. Dan dia marah besar,”
Hah? Jadi ternyata Pipit marah tuh karena gue? Dan itu semua karena ulah Martin? Gue nggak nyangka Martin sejahat itu ke gue.
Gue hendak menghampiri mereka  saat tiba-tiba gue di tahan seseorang. Dan saat gue melihat siapa dia, ternyata si Tio.
“Udah, jangan.” Ujarnya lembut sambil menatap gue. Tatapannya masih sseperti dulu. Gue nggak tahu apa maksudnya.
“Tapi aku…. Aku  kecewa dengan semua ini Yo.” Ujar gue dan sepertinya mata gue menjatuhkan air mata.
“Aku tahu perasaan kamu. Tapi kamu harus tahan emosi kamu.” Tio menggandeng gue untuk duduk di lantai. Yah, di lantai.
“Aku nggak tahu apa salah aku ke Martin sampai-sampai dia setega itu ke aku. Karena ternyata gara-gara dia, Pipit benci ama aku.”
“Maaf kalau aku ngomong seperti ini. Itu mungkin karena Martin sangat sayang ama kamu. Dia ingin tahu bagaimana perasaan kamu ke dia. Tapi sayangnya cara dia salah. Dan dia tidak mau ngomong bagaimana perasaan dia ke kamu karena dia takut kamu tidak suka dengan dia.”
“Dia memang salah dan aku benci ama dia!” air mata gue terus mengalir.
“Tenang Sya. Kenapa kamu nangis gini?”
“Aku kecewa dengan semua tindakan Martin. Dulu dia ngecewain aku. Aku suka ama dia dan kita juga deket tapi dia malah jadian ama Pipit. Dan Pipit hanya di mainin doang sehingga Pipit patah hati dan benci ama aku karena ternyata itu semua gara-gara aku. Aku benci itu Yo,”
“Apa yang harus dibenci Sya? Semuanya sudah terjadi. Kamu tidak boleh menyesalinya. Kalau masalah pipit, kamu nanti ngomong ke dia dan jelasin semuanya. Aku yakin, dia akan percaya dengan omongan kamu,”
“Bukan hanya itu Yo. Aku juga kecewa dengan Tina. Kenapa dia gitu ama aku? Aku salah apa ke dia?”
“Kenapa dengan Tina? Apa salah dia? Dia tidak tahu dengan semua yang kamu rasakan. Dia hanya membantu Martin. Karena Martin sayang ama kamu dan ingin ngungkapin ke kamu. Dan dia tidak berani bertindak sendiri sehingga Tina bantuin dia,”
“Tapi nggak gitu juga kan Yo?”
“Udahlah. Kamu jangan gini. Martin hanya suka ama kamu. Karena kamu itu cantik, manis, dan baik.”
“Tapi manisan pacar kamu kan?” gue mulai tenang.
“Nggak manisan kamu.”
“Nggak usah ngegombal ke cewek lain. Sebel!”
“Aduh, kok sebelnya jadi ke aku?”
“Iya. Satu persen ke kamu dan sembilan puluh sembilan persen ke Martin.”
“Jangan gitu dong Sya. Kamu nggak boleh larut benci ama Martin. Apalagi yang kamu benci? Kamu nggak paham dengan penjelasanku tadi?”
“Semua yang aku katakan tadi hanya masalah kecil yang dia buat ke aku. Ada yang lebih besar. Dan itu yang paling mendasari benci aku ke dia,”
“Apa?”
“Gara-gara dia aku putus ama kamu,”
“Apa maksud kamu?”
“Aku masih nggak rela hubungan kita dulu berakhir karena kamu nyangka aku masih suka ama dia. Aku nggak suka Yo. Nggak suka ama dia,”
“Hah? Maksudmu….”
“Iya. Aku masih sayang ama kamu. Sampai kapanpun itu,” gue memotong ucapan Tio.
“Jadi? Kenapa dulu kamu nggak bilang Sya? Kenapa dulu kamu terima aja saat aku minta putus ke kamu?”
“Aku nggak mau ngecewain kamu. Aku kira kamu beneran udah nggak suka ama aku,”
“Kamu salah. Aku sayang banget ama kamu. Dan itu sampai sekarang,”
“Tapi kenapa kamu dulu minta kita putus?’
“Karena aku kira kamu beneran masih suka ama Martin. Dan kamu jadian ama aku hanya terpaksa. Dan kamu nggak bahagia. Aku nggak mau itu,”
“Jadi kamu juga salah. Dan,,,, kok kamu jadian ama teman sekelasmu itu kalau kamu masih sayang ama aku?”
“Sebenarnya siapa sih yang nyebarin gossip nggak penting itu?”
“Maksud kamu?”
“Aku nggak pernah jadian dengan cewek manapun Asya.”
“Terus cewek yang katanya pacar kamu itu gimana?”
“Dia sepupu aku tauk,”
“Jadi?” senyum gue mengembang.
“Yaps! Betul. Asya pinter,”
“Apa? Aku kan Cuma bilang ‘jadi?’. Gitu doang,”
“Oh ya? Tapi hatimu berkata lain loh?”
“Masa? Dari mana kamu tau?”
“Dari hati aku. Karena aku sayang ama kamu Sya,”
“Maksudnya?” ujar gue bercanda. Gue ingin tahu, berani nggak dia nembak gue lagi.
“Yah, baru aku tadi bilang kalau kamu itu pinter. Sekarang udah Lola lagi.”
“Jahat!”
“Nggak nggak. Jadi gimana?”
“Gimana apanya?”
“Kamu mau jadi pacar aku lagi?” ternyata dia berani nembak gue.
“CLBK ya Yo. Cinta lama belum kelar Yo.”
“Jadi jawabannya?”
“Ya pastinya iya dong Yo.”
“Say, panggil aku Ti lagi dong. Jangan Yo. Ya?”
“Nggak mau ah. Jadul. Jelek kayak orangnya,”
“Dasar,” Tio mengacak-acak rambut gue. Namun, acakan tangan Tio berhenti seketika. Karena tiba-tiba Martin muncul di hadapan kami. Kok dia? Dia dari tadi dengar semua percakapan gue ama Tio? Nguping gitu maksudnya?
“Selamat ya buat kalian. Gue ikut seneng,” ujarnya dengan suara bergetar lalu segera melangkah meninggalkan kami.
Dan gue merasa bersalah ke dia. karena ternyata semua dugaan gue kalau dia playboy itu salah. Dan dulu ternyata dia juga suka ama gue. Namun, maaf Martin. gue sekarang nggak suka ama lo.
Namun, gue juga seneng hari ini. Karena ternyata Tio masih sayang dengan gue. Dan  Akhirnya gue dan Tio jadian lagi.
Dan gue percaya. Martin’s not playboy.

Komentar

Postingan Populer